Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengetahui windows sudah nyala berapa lama

Bagi anda pengguna laptop yang agak tuaan sedikit, tak jarang menjumpai situasi overheating atau kelebihan panas, tentu saja karena laptop lawas biasanya sistem pendinginannya sudah mulai terganggu baik disebabkan kotoran ataupun rotation per minute / RPM dari kipas pendinginnya sudah mulai pelan. Kadang jika tidak dirawat oleh penggunanya bisa menyebabkan mati secara tiba-tiba. Sebab dalam sistem bios, seringkali fungsi auto shutdown by temperature dimatikan karena ketidaksengajaan atau ketidak pahaman. Nah hal sekecil itu bisa menyebabkan laptop ataupun komputer anda menjadi tidak awet.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah sistem windows xp / windows server 2003 sudah berjalan / nyala terlalu lama bisa dengan cara masuk ke console or command prompt.
Caranya Klik start button, klik run, ketik,  
systeminfo | find “System Up Time”
atau jika anda menggunakan windows 8 ketik saja:
systeminfo | find "System Boot Time"

cek windows xp udah nyala berapa waktu

Dan sekarang sudah banyak software yang membantu untuk menganalisa kesehatan komputer atau laptop kita, seperti PC Wizard, atau everest softaware yang berbayar untuk memantau kinerja PC supaya jika ada malfunction, ataupun tanda akan ada kegagalan sistem bisa dideteksi lebih dini.